Konsentrat Pakan Untuk Sapi

Dalam proses penggemukan sapi potong memang pakanlah yang merupakan factor utama dan penting untuk menunjang berhasil tidaknya bisnis sapi. Tidak hanya sapi potong atau pedaging saja yang membutuhkan pakan. Sapi-sapi jenis local pun juga sangat memerlukan pakan yang baik. Akan tetapi tidak semua jenis sapi sesuai dengan setiap pakan yang diberikan, untuk itu jelilah ketika akan membelikan pakanan untuk sapi ternak.

Sebaiknya pilihlah jenis pakan yang memiliki kandungan gizi yang penting untuk sapi bila anda masih bingung ingin membelikan pakan sapi yang seperti apa. Kandungan gizi yang terdapat pada pakan tentunya juga harus ada kandungan-kandungan seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak. Selain memiliki kandungan gizi yang cukup, pakan juga harus yang berkualitas misalnya tidak mengangdung bakteri atau bibit penyakit, tidak tercemar kotoran, dan tentunya harus yang bersih.

Tidak semua orang mampu menjalankan bisnis peternakan sapi. Hal ini dikarenakan sebagian dari peternak tidak mengetaui secara lebih mendetail mengenai cara menggemukan sapi atau beternak sapi yang baik dan benar. Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa sapi selain hanya diberikan pakan juga harus diberikan gzi yang cukup dan harus selalu dijaga kesehatannya supaya pertumbuhannya tidak terhambat.

Banyak sekali jenis sapi yang bisa diternakan untuk bisnis speterti sapi bali, Brahman, Australia, limosin, metal, simental, dan masih banyak lagi. Semua jenis sapi tersebut memiliki kualitas yang sangat bagus dan bernilai jual yang sangat tinggi. Biasanya beternak sapi atau memelihara sapi banyak dilakukan untuk mengambil manfaat dagingnya untuk kebutuhan konsumsi manusia. Apalagi bila dilihat kebutuhan akan konsumsi daging di Indonesia sangatlah tinggi dari tahun ke tahun dan terus saja meningkat.

Nah, untuk menaikkan produksi daging tersebut ketika memelihara sapi ternak haruslah memperhatikan pakan yang akan diberikan. Ada dua jenis pakan yang paling baik diberikan kepada ternak sapi yaitu pakan hijau dan pakan konsentrat. Pakan hijau ini memang wajib diberikan kepada sapi karena untuk memenuhi kebutuhan gizi secara alami pada sapi. Sementara pakan konsentrat adalah pakan tambahan yang diberikan untuk penguat sapi agar cepat mengalami perkembangan berat badan. Pakan koenstrat dibuat dengan campuran bekatul atau dedak, bungkil kelapa, tepung jangutng, dan diberikan sedikit garam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *