Tips Merawat Cincin Emas Putih

Ketika anda memiliki perhiasan dari emas putih, tentu kewajiban yang anda lakukan adalah merawat dan menjaganya dengan baik. Namun sering kali anda bingung bagaimana cara merawat cincin emas putih, gelang emas putih, cincin kawin maupun perhiasan lain. Padahal tips untuk merawat cincin emas putih begitu mudah.

Ya, cara merawat cincin emas putih atau gelang emas putih tidak jauh berbeda dengan cara merawat perhiasan dari bahan lain. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini tips merawat cincin emas putih, gelang emas putih dan lain-lain.

  1. Melepasnya saat mandi

Salah satu cara perawatan termudah namun sering kali dihiraukan adalah tetap memakainya ketika anda sedang mandi. Seperti penggunaan cincin kawin emas putih yang sangat jarang dilepas.

Padahal, ketika cincin emas putih ini selalu digunakan ketika anda  mandi, kualitas warna dari cincin tersebut bisa berkurang. Terlebih lagi, dengan adanya banyak sabun yang menempel juga akan membuat partikel emas menjadi kurang seimbang. Juga membuat cincin menjadi nampak kotor.

  1. Menyepuhnya kembali

Nah apabila anda sudah mendapati cincin kawin yang berubah warna (kilau cincin emas putih berkurang),  cara merawat cincin emas putih yang paling tepat adalah dengan menyepuhnya.

Dengan begitu warna alami emas putih akan kembali muncul dan kilaunya kembali seperti pertama kali anda membelinya. Namun yang terpenting, ketika anda menyepuhnya, pastikan anda juga menggunakan emas dengan karat yang sama (tidak lebih rendah).

  1. Mengelapnya

Untuk beberapa perhiasan seperti gelang emas putih maupun kalung, biasanya hanya akan digunakan ketika acara tertentu saja. Nah sehabis digunakan dan hendak disimpan kembali, sebaiknya anda bersihkan dahulu dengan menggunakan lap maupun lisu.

Untuk bagian yang sulit dibersihkan menggunakan tisu, anda bisa menggunakan kuas kecil dan halus agar seluruh kotoran yang menempel bisa hilang dan tak mengerak.

Itulah beberapa cara merawat cincin emas putih, gelang emas putih maupun perhiasan lain. Sebenarnya, untuk merawat perhiasan agar selalu awet kuncinya adalah selalu menggunakannya dengan hati-hati (tidak digunakan setiap waktu). Karena penggunaan yang tidak baik inilah sebenarnya yang menyebabkan perhiasan menjadi kehilangan kilau alaminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *